1. Secara umum, tujuan bisnis adalah (1) maksimisasi laba, atau (2) maksimisasi nilai perusahaan, atau (3) minimisasi biaya. Menurut saudara, tujuan yang mana yang paling tepat dilaksanakan oleh koperasi dalam menghadapi era globalisasi tanpa mengorbankan prinsip-prinsip koperasi itu sendiri?
Jawab :
Menurut kami tujuan yang paling tepat dilaksanakan adalah tujuan memaksimumkan nilai perusahaan. memaksimumkan nilai perusahaan berarti memaksimalkan kemakmuran pemegang saham atau nilai perusahaan, hal ini dapat ditempuh dengan dengan memperhitungkan tingkat resiko dan tingkat bunga yang tepat. Memaksimalisasi nilai perusahaan sebaiknya menjadi tujuan koperasi dalam menjalani operasional bisnis koperasi karena tujuan dasar koperasi itu sendiri adalahmengembangkan kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya. Koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota. Manfaat yang diterima anggota lebih diutamakan daripada laba. Meskipun demikian harus diusahakan agar koperasi tidak menderita rugi. Tujuan ini dicapai dengan karya dan jasa yang disumbangkan pada masing-masing anggota.
2. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana mengimplementasikan status peran ganda anggota koperasi (sebagai pemilik dan sebagai pelanggan) dalam sistem perkoperasian.
Jawab :
Pada organisasi Koperasi, tiap anggota koperasi memiliki peran ganda, sebagaipemilik sekaligus pengguna pelayanan koperasi.
Contoh mengimplementasikan peran ganda anggota koperasi yaitu Sebagai pemilik, anggota berpartisipasi dalam memodali, mengambil keputusan, mengawasi, dan menanggung resiko. Kemudian sebagai pelanggan, anggota berpartisipasi dalam memanfaatkan pelayanan koperasi. Sebagai pemilik memiliki kewajiban dan pengguna, anggota dan hak dalam koperasinya.
Kewajiban Anggota Koperasi
• Mematuhi AD dan ART serta keputusan yang telah ditetapkan dalam Rapat Anggota.
• Menandatangani perjanjian kontrak kebutuhan. Sehingga anggota benar benar sebagai pasar tetap dan potensial bagi koperasi.
• Menjadi pelanggan tetap.
• Memodali koperasi.
• Mengembangkan dan memelihara kebersamaan atas dasar kekeluargaan.
• Menjaga kerahasiaan perusahaan dan organisasi koperasi kepada pihak luar.
• Menanggung kerugian yang diderita koperasi, proporsional dengan modal yang disetor
Hak Anggota Koperasi
• Menghadiri, menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam Rapat Anggota.
• Memilih pengurus dan pengawas.
• Dipilih sebagai pengurus atau pengawas.
• Meminta diadakannya Rapat Anggota.
• Mengemukakan pendapat kepada pengurus di luar Rapat Anggota baik diminta atau tidak.
• Memanfaatkan pelayanan koperasi dan mendapatkan pelayanan yang sama dengan anggota lain.
• Mendapatkan keterangan mengenai perkembangan koperasi.
3. Salah satu kelemahan koperasi sebagai badan usaha adalah permodalan. Apakah prinsip-prinsip koperasi yang ada dapat menghambat atau menstimulasikan pemupukan permodalan koperasi?
Jawab :
Menurut kami salah satu prinsip koperasi yang ada dapat menghambat permodalan. Prisip tersebut yang dapat menghambat permodalan adalah adanya Pemberian batas jasa yang terbatas terhadap modal.
Modal dalam koperasi pada dasarnya digunakan untuk melayani anggota dan masyarakat sekitarnya. Karena itu balas jasa terhadap modal yang diberikan kepada anggota juga terbatas (akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki koperasi). Prinsip ini sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan prinsip badan usaha lainnya, yang memberikan keuntungan lebih besar. Sehingga menurut kami prinsip ini merupakan salah satu prinsip yang dapat menjadi penghambat pemupukan permodalan dalam koperasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar